Minggu, 18 Oktober 2020

CUSTOMER DECISION JOURNEY

Halo guys! Apa kabar? Semoga baik-baik saja yaa..

Keep healthy semuanya, biar selalu bisa baca blog terbaru dari aku yaa hehe

Jadi, di blog kali ini aku akan mengajak kalian untuk sedikit mengenal apa itu Customer Decision Journey dan 5 sales funnel, berdasarkan pengalaman aku dalam menjalankan usahaku yaitu sate pisang coklat mozzarella. Yukk simak ya guys..

Apa ya yang dimaksud Customer Decision Journey?

Customer Decision Journey adalah suatu perjalanan keputusan pelanggan dalam produk yang kita jual, yaitu dari ia mengenal produk kita sampai bisa membeli produk yang kita jual, hingga melakukan pembelian kembali, bahkan sampai menjadi pelanggan setia. Dari perjalanan ini banyak sekali pelajaran yang kita dapat dalam mengenal pola pikir pelanggan, sehingga bisa membuat kita lebih maju dalam menerapkan strategi marketing yang sudah kita punya.  

Lalu, lanjut ke 5 sales funnel.



Sebenarnya, sales funnel ini hampir sama dengan Customer Decision Journey. Namun, di sales dunnel kita akan membahas lebih dalam satu persatu.

1.      Awareness (Kesadaran)

Di tahap ini biasanya pelanggan baru sadar atau mengenal produk yang dijual. Dari usaha ku ini biasanya pelanggan mengetahui produk ku dari postingan di sosial media seperti di status whatsapp atau di instastory Instagram. Dan aku juga beberapa kali meminta bantuan teman-teman ku untuk menawarkan produk yang aku jual melalui sosial media mereka.

2.      Interest (Ketertarikan)

Pada tahap ini, pelanggan mulai tertarik dengan produk yang dijual. Pelanggan mulai menanyakan tentang produk yang aku jual. Biasanya yang mereka tanyakan adalah sistem pembelian nya, apakah ready stock atau harus preorder terlebih dahulu. Mereka juga menanyakan bagaimana sistem pengantarannya, apakah COD, take home, atau antar sampai kerumah. Dalam tahap ini kita harus memastikan pelanggan mendapatkan jawaban yang jelasa dari segala pertanyaan yang mereka berikan.

3.      Consideration (Mempertimbangkan)

Pada tahap ini, biasanya pelanggan mulai membanding-bandingkan produk kita dengan orang lain. Disinilah tugas kita untuk meyakinkan mereka untuk menjatuhkan pilihan nya pada produk kita. Dengan cara, menjabarkan apa saja kelebihan dari produk yang kita punya. Dari usaha ku sendiri ini aku menjabarkan kelebihan produk ku terletak pada mozarella dan coklat yang digunakan dengan harga yang terjangkau.

4.      Purchase (Pembelian)

Disini konsumen sudah menjatuhkan pilihannya terhadap produk yang kita jual. Tugas kita adalah memastikan agar proses pembelian berjalan dengan lancar hingga produk sampai di tangan pelanggan dan uang sudah di tangan kita.

5.      Loyalty (Kepuasan)

Pada tahap ini, biasanya aku mendapatkan respon puas atas segi rasa serta pelayanan dari para pelanggan. Dan, ada beberapa pelanggan yang membeli kembali produk yang aku jual ini dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Dari hal ini, aku belajar untuk lebih ramah lagi dalam melayani customer dan lebih meyakinkan customer agar mereka bisa menjadi pelanggan setia usahaku. Serta tetap mempertahankan kelezatan dan menjaga kepercayaan para pelanggan atas hal itu.

Nah itu dia penjelasan mengenai Customer Decision Journey. Semoga bermanfaat yaa untuk kalian yang ingin memulai usaha!

Stay safe and See u on next blog, bye! <3

INSTITUT STIAMI = https://stiami.ac.id/

My lecturer (ENDRA MARSUDI) =  http://marsudi.id/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EDITORIAL PLAN DALAM SUATU BISNIS

  Halo guys!! Apa kabar? Semoga kamu selalu dalam keadaan yang sehat yaa.. Di blog ku kaliini, aku akan membahas tentang editorial plan da...