Jumat, 02 Oktober 2020

Achmad Zaky CEO of Bukalapak.com


 Halo guys! Apa kabar hari ini? Semoga baik-baik aja yaa. Yuk tetap semangat walaupun pandemi covid-19 ini masih menyerang kitaL Stay safe yaa everyone!

Jadi, di blog aku kali ini aku mau sharing lagi nih tentang entrepreneur sukses yang aku kagumi yaitu Achmad Zaky , CEO sekaligus pendiri Bukalapak.com , Wow hebat banget yaa guys

Eits, tapi dibalik kesuksesan nya itu ada kegagalan yang Ia alami juga lho guys. Achmad Zaky tidak meraih kesuksesan secara instan juga kok.

Achmad Zaky sudah menunjukan ketertarikan nya di bidang teknologi sejak ia masih berada di bangku sekolah dasar. Ketika SD pada ulang tahun nya yang ke-11 paman nya memberikan ia hadiah sebuah computer serta buku pemrograman komputer. Sejak saat itu ia mulai memiliki minat yang tinggi di dunia computer serta pemrograman komputer. Ketertarikan itu ternyata terus berlanjut hingga mengenyam pendidikan di bangku SMA. Hal itu dibuktikan saat ia memenangkan kejuaraan olimpiade sains nasional (OSN) bidang komputer mewakili sekolahnya di SMA Negeri 1 Solo, Jawa Tengah. Di tahun 2004, Zaky kemudian melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu universitas negeri unggulan di Indonesia. Selama mengemban ilmu di bangku kuliah, Zaky sering memenangkan kompetisi teknologi informatika tingkat nasional, seperti juara II di ajang Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Kala itu, dia membuat software (perangkat lunak) MobiSurveyor untuk digunakan dalam perhitungan cepat survei pemilihan umum.

Dahulu kala ketika ia masih menjadi seorang mahasiswa ITB Bandung ia pernah berbisnis kuliner mie ayam tapi bisnis tersebut kemudian bangkrut dan harus gulung tikar dalam waktu 6 bulan saja. Namun, kegagalan tersebut tidak membuat ia menyerah menjadi seorang entrepreneur. Setelah lulus, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan yang menjadi cikal bakal Bukalapak. Suitmedia pun berkembang dengan sangat pesat, hingga akhirnya ia mendirikan Bukalapak. Sejak saat itu, Zaky memutuskan untuk fokus membangun Bukalapak hingga menjadi online marketplace terpercaya yang kini dikenal banyak orang.

Dari kisah Achmad Zaky ini aku mendapatkan pelajaran bahwa kita harus menekuni hal yang kita minati sejak kita menyadari hal itu. Kita harus berusaha untuk mengejar apa yang kita inginkan, jangan mudah menyerah! karena akan banyak tantangan yang lebih berat di depan nanti nya.

Pesan yang ingin aku sampaikan ke kalian adalah kalian harus lebih percaya diri bahwa kita pasti bisa meraih hal yang kita inginkan, seperti Achmad Zaky ini awalnya ia diragukan oleh teman-teman dan keluarga nya, mereka bilang harusnya Achmad Zaky ini mencari kerja dan dapat gaji yang cukup besar. Tapi ia tidak terlalu mendengarkan omongan orang lain, dan tetap focus pada tujuan nya.

Tidak ada orang yang mengerti dirimu lebih dari dirimu sendiri. Tidak ada orang yang tau pasti apa yang kamu inginkan, selain diri kamu sendiri. Dan, tidak ada orang yang bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan, selain dirimu sendiri.

Tetap semangat, and see you! <3


1. STIAMI --> https://stiami.ac.id/

2. Endra Marsudi --> http://marsudi.id/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EDITORIAL PLAN DALAM SUATU BISNIS

  Halo guys!! Apa kabar? Semoga kamu selalu dalam keadaan yang sehat yaa.. Di blog ku kaliini, aku akan membahas tentang editorial plan da...